Minggu, 30 Juni 2013

Kolam Ikan Mujahir Sederhana

 
Ikan mujahir merupakan jenis ikan yang mudah sekali berkembang biak. Dagingnya enak, tidak lembek.   Kita dapat dengan mudah membudi dayakannya.  Berikut ini saya sajikan cara membuat kolam sederhana dengan menggunakan alas plastik simak caranya :
1.  Siapkan lahan minimal  ukuran 2 X 3 meter.
2.  Plastik kolam ( dapat dibeli di toko plastik harganya sekitar 20 ribu / kg. )
3.  Cangkul
4.  Batu bata 100 buah
5.  Paralon diameter 1 inc.atau lebih .



caranya     :
bersihkan lahan, gali sedalam 50 centimeter, tempatkan tanah galian menjadi guludan di sepanjang tepinya sampai habis.  sisir dan rapikan sehingga permukaaan kolam nantinya adalah arugan tanah tersebut.  kalau galian 40 cm, kita bisa membikin tinggi  sekitar 60 cm .  sehingga kolam  sedalam 110 cm.
Hamparkan plastik kolam , rapikan dan tutup permukaan dengan batu bata dan arug dengan tanah lalu padatkan.  hasilnya adalah seperti tampak pada gambar .


diamkan kolam selama 4 hari. setelah 4 hari baru kita isi air, disarankan bukan air dari air ledeng , tapi air sumur gali.  biarkan selama 3 hari.   baru kita taburkan benih ikan mujahirnya.  Usahakan ikan tersebut sama besarnya. masukan eceng gondok atau tanaman air lainnya sebagai peneduh. kalau benih yang kita taburkan berukuran 3 jari, tidak sampai 1,5 bulan , ikan sudah mulai berkembang biak. 3 bulan kita sudah bisa menikmati hasilnya untuk konsumsi keluarga mudah bukan? selamat mencoba.